Nila Asin

Blog ini digunakan untuk menulis pengalaman pribadi

Menelusuri Pantai Jungwok Gunungkidul


Hallo, kali ini aku ingin bercerita mengenai obyek wisata di Gunung Kidul yaitu Pantai Jungwok. Nama pantai ini menurut saya unik, seperti nama - nama Korea, namun aku tidak tahu alasannya kenapa dinamakan Pantai Jungwok.
Pantai ini berjarak sekitar 80 km (menurut google map) dan aku ke sana mengendarai motor bersama 3 orang temanku yang lain. Perjalanan menuju pantai ini melewati Bukit Bintang, Kota Wonosari dan Hutan Jati yang cukup sepi, jangan sampai bocor deh ban motor ketika sudah sampai area hutan jati karena aku tidak melihat adanya tukang tambal ban di sekitar situ.
Pertama, kami memarkirkan sepeda motor di Pantai Wediombo karena untuk menuju Pantai Jungwok kita harus jalan terlebih dahulu. Sebenarnya ada dua jalan sih, melalui bukit di dekat Pantai Wediombo atau lewat jalan setapak dekat parkiran atas. Sebenarnya bisa sih langsung parkir di dekat pantai (berdasarkan pengalaman ketika beach camp) tapi waktu itu jalan menuju Pantai Jungwok licin karena hujan.

Awal mula kami menginjakkan kaki di Pantai Wediombo, beginilah suasananya
Gambar 1. Suasana di Pantai Wediombo

Suasananya sangat ramai, banyak sekali pengunjung di sana dan pedagang di sana. Kami hanya melewati pantai itu sambi lalu saja karena perjalanan menuju Pantai Jungwok kami pikir akan memakan waktu agak lama mengingat suasana mendunh sehingga kami bergegas menuju bukit yang memisahkan antara Pantai Wediombo dan Pantai Jungwok
Gambar 2. Jalan Setapak di Atas Bukit

Gambar 3. Pemandangan dari Atas Bukit

Gambar 4. Pantai Jungwok Sepi Pengunjung

Suasana di Pantai Jungwok sangatlah berbeda dengan suasana di Pantai Wediombo. Di Pantai Jungwok ini kita tidak menjumpai adanya keramaian, hanya ada beberapa orang yaitu kami (aku, mbak Fira, Puyu, dan Arista), para nelayan, penjaga pantai dan pemilik warung. Suasananya sangatlah nyaman, tenang, cocok bagi orang - orang yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan.
Aku sangat senang dengan pantai ini, kalaupun aku diajak lagi ke pantai ini, aku mau ikut.

No comments